Contoh Tabel Distribusi Frekuensi



Perhatikan contoh data hasil nilai pengerjaan tugas Matematika dari 40 siswa berikut ini.
66 75 74 72 79 78 75 75 79 71
75 76 74 73 71 72 74 74 71 70
74 77 73 73 70 74 72 72 80 70
73 67 72 72 75 74 74 68 69 80
dari data diatas, dapat dibuat tabel distribusi frekuensi sbb:
tabel distribusi frekuensi
Istilah-istilah yang banyak digunakan dalam pembahasan distribusi frekuensi bergolong atau distribusi frekuensi berkelompok antara lain sebagai berikut.

a. Interval Kelas
Tiap-tiap kelompok disebut interval kelas atau sering disebut interval atau kelas saja. Dalam contoh sebelumnya memuat enam interval ini.
65 – 67 → Interval kelas pertama
68 – 70 → Interval kelas kedua
71 – 73 → Interval kelas ketiga
74 – 76 → Interval kelas keempat
77 – 79 → Interval kelas kelima
80 – 82 → Interval kelas keenam

b. Batas Kelas
Berdasarkan tabel distribusi frekuensi di atas, angka 65, 68, 71, 74, 77, dan 80 merupakan batas bawah dari tiap-tiap kelas, sedangkan angka 67, 70, 73, 76, 79, dan 82 merupakan batas atas dari tiap-tiap kelas.

c. Tepi Kelas (Batas Nyata Kelas)
Untuk mencari tepi kelas dapat dipakai rumus berikut ini.
Tepi bawah = batas bawah – 0,5
Tepi atas = batas atas + 0,5
Dari tabel di atas maka tepi bawah kelas pertama 64,5 dan tepi atasnya 67,5, tepi bawah kelas kedua 67,5 dan tepi atasnya 70,5 dan seterusnya.

d. Lebar kelas
Untuk mencari lebar kelas dapat dipakai rumus:
Lebar kelas = tepi atas – tepi bawah
Jadi, lebar kelas dari tabel diatas adalah 67,5 – 64,5 = 3.

e. Titik Tengah
Untuk mencari titik tengah dapat dipakai rumus:
Titik tengah = 1/2 (batas atas + batas bawah)
Dari tabel di atas: titik tengah kelas pertama = 1/2(67 + 65) = 66 titik tengah kedua = 1/2(70 + 68) = 69 dan seterusnya.

Distribusi Frekuensi Kumulatif
Tabel distribusi kumulatif ada dua macam, yaitu:

a. Tabel distribusi frekuensi kumulatif kurang dari (menggunakan tepi atas)

b. Tabel distribusi frekuensi kumulatif lebih dari (menggunakan tepi bawah)


Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh data berikut ini.
tabel distribusi kumulatif
Dari tabel di atas dapat dibuat daftar frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari seperti berikut.
tabel distribusi frek. kumulatif lebih dari dan kurang dari

Penjelasan cara pembuatan tabel:
Untuk membuat tabel distribusi frekuensi kumulatif kurang dari, kita menggunakan tepi atas.
Kelas pertama memakai tepi atas kelas pertama, kelas kedua memakai tepi atas kelas kedua, dan seterusnya.

  • Kelas pertama tepi atasnya adalah 45,5, sehingga frekuensi kumulatif data kurang dari 45,5 adalah frekuensi kelas pertama, yaitu 3.
  • Kelas kedua tepi atasnya adalah 50,5, sehingga frekeunsi kumulatif data kurang dari 50,5 adalah frekuensi kelas pertama + frekuensi kelas kedua, yaitu 3+6=9.
  • Kelas ketiga tepi atasnya adalah 55,5, sehingga frekuensi kumulatif data kurang dari 55,5 adalah frekuensi kelas pertama + frekuensi kelas kedua + frekuensi kelas ketiga, yaitu 3+6+10=19.
  • Begitu seterusnya sampai kelas keenam.


Untuk membuat tabel distribusi frekuensi kumulatif lebih dari, kita menggunakan tepi bawah.
Kelas pertama memakai tepi bawah kelas pertama, kelas kedua memakai tepi bawah kelas kedua, dan seterusnya.

  • Kelas pertama tepi bawahnya adalah 40,5, sehingga frekuensi kumulatif data lebih dari 40,5 adalah frekuensi kelas pertama + frekuensi kelas kedua + frekuensi kelas ketiga + ... + frekuensi kelas keenam = 3+6+10+12+5+4 = 40.
  • Kelas kedua tepi bawahnya adalah 45,5, sehingga frekuensi kumulatif data lebih dari 45,5 adalah frekuensi kelas kedua + frekuensi kelas ketiga + ... + frekuensi kelas keenam = 6+10+12+5+4 = 37.
  • Begitu seterusnya sampai kelas keenam.


120 komentar:

  1. kok hasil distribusi komulatifnya dimulai dari angka< 45,5 dari mana...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salamm,, iyaa, kan sesuai pnjelasan d atas, kalo kurang dari pake tepi atas.

      Hapus
    2. itu tepi atas kelas pertama kang

      Hapus
    3. itu hasil dari frekuensi kurang dari dari mna ?

      Hapus
    4. Bukannya tepi bawah nya 41, klo 40.5 itu batas bawah nya?

      Hapus
    5. Terima kasih sangt membantu sekali

      Hapus
    6. Cara cari frekuensi gimana ya? Masih bingung

      Hapus
    7. Bukannya batas bawah dan batas atas itu terletak di frekuensi terbanyak ya

      Hapus
    8. Penjelasan mudah dipahami tapi nggak ngerti juga

      Hapus
  2. kalo 9 di tabel (frekuensi kurang dari) dari mana??

    BalasHapus
  3. frekuensi nya itu sesuai ama jumlah turusnya a???

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas penjelasannya . . . .

    BalasHapus
  5. saya mau tanya untuk memperoleh frekuensi kumulatif lebih dari.. itu di peroeh ny drmna ya.. makasih

    BalasHapus
  6. kok nda ad cara mencari persentasenya (%) , , ,

    BalasHapus
  7. Terimakasih ats penjelasannya, 100% udah paham & ngerti banget ane

    BalasHapus
  8. kalo datanya koma-komaan gmn ya? apa harus dibulatkan? makasih

    BalasHapus
  9. Tulisan anda sangat membantu.
    Terimakasih

    BalasHapus
  10. Kalo misal hasil 7.02 dibulatkan keatas atau kebawah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bulatkan ke bawah sehingga menjadi 7

      Hapus
    2. Subscribe my youtube channel ✌️ fathur muh

      Hapus
  11. itu kenapa awal interval kelasnya 65? bukannya nilai terkecilnya 66 ya?

    BalasHapus
  12. itu kenapa awal interval kelasnya 65? bukannya nilai terkecilnya 66 ya?

    BalasHapus
  13. makasih kk bermanfat bgt ..............................
    jgn bosen2 ngasih ilmu lagi kk.

    BalasHapus
  14. itu kenapa awal interval kelasnya 65? bukannya nilai terkecilnya 66 ya?
    Balas

    BalasHapus
  15. terimakasih semua telah berkunjung ke blog saya
    maaf jika selama ini saya tidak aktif membalas
    jika sempat saya akan perbaiki bagian yang masih membingungkan
    terimakasih:)

    BalasHapus
  16. Kakak saya kurang mengerti pada bagian cara menentukan interval. maksudnya cara menhitung interval

    BalasHapus
    Balasan
    1. menentukan interval itu bebas, sedikit tips jika rentang data relatif sedikit (65-82) dengan jumlah data yang lumayan seperti pada contoh soal di atas dapat mengambil interval kecil (hanya 2, 65-67). :)

      Hapus
  17. ka itu 82 dari mana ya kan nilai terbesarnya 80? please jawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga harus 80,yang penting jaraknya
      Jadi ga harus patokan ke nilai terbesar

      Hapus
  18. ka itu 82 dari mana ya kan nilai terbesarnya 80? please jawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 82 memang tidak ada, tetapi kita buat. Nilai tertinggi memang 80, karena setiap kelas intervalnya 2, maka kita buat kelas terakhir dengan rentang nilai 80-82:)

      Hapus
  19. penjelasan kurang detail, membingungkan

    BalasHapus
  20. Mau tanya dong,cara mendapatkan frekuensi nya itu gimana ya?? Ex: 5,11,17,20,25,26,29,35.kita di suruh mencari nilai 5-18.berarti di hitung dari 5,11,17,20 jadi frekuensi nya 4 bukan mba?? Trus di suruh nyari lagi dari 19-32.berarti 20,25,26,29,35 jadi frekuensi nya 5.bnr gk sih mba kaya gtu??aku bingung,20 nya itu di hitung lagi apa enggk untuk nyari yg ke dua😞

    BalasHapus
  21. Mau tanya dong,cara mendapatkan frekuensi nya itu gimana ya?? Ex: 5,11,17,20,25,26,29,35.kita di suruh mencari nilai 5-18.berarti di hitung dari 5,11,17,20 jadi frekuensi nya 4 bukan mba?? Trus di suruh nyari lagi dari 19-32.berarti 20,25,26,29,35 jadi frekuensi nya 5.bnr gk sih mba kaya gtu??aku bingung,20 nya itu di hitung lagi apa enggk untuk nyari yg ke dua😞

    BalasHapus
  22. dapat drimana angka 40 dst pada bagian frekuensi kumulatif lebih dari,
    tolong donk penjelasan konkret nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat membalas, saya sudah perbaharui blog saya dengan penjelasannya semoga mengerti:)

      Hapus
  23. Terima kasih, sangat membantu sekali :D

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  26. Kak buat dapatkan frekuensi dari mana ya trmksh...

    BalasHapus
  27. Kak utk dapatkan frekuensi rumusnya apa trmksh

    BalasHapus
  28. Kak utk dapatkan frekuensi rumusnya apa trmksh

    BalasHapus
  29. kak maaf aku mau nanya
    tentukanlah batas kelas, titik tengah kelas, dan panjang kelas untuk selang-selang berikut ini
    makasih :)

    BalasHapus
  30. maaf itu kok di tabel pertama batasna bawahnya 65?
    yg 65-67.., bukannya harusnya dari 66
    jadi bila mencari
    JD = 80-66 = 14
    k = 1 + 3,3 log n
    = 1 + 3,3 . 1,602
    = 1 + 5,286
    = 6,286
    = 7 (diarahkan ke nilai 7)

    Panjang kelas = JD/k = 14/7 = 2

    Jadi
    66-67 bukannya 65-67?

    Mohon balasannya segera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda benar. Terima kasih atas koreksinya:)

      Hapus
    2. Kk tlog bntu cara mencari frekuensinya bgmn

      Hapus
    3. Kk tlog bntu cara mencari frekuensinya bgmn

      Hapus
    4. nilai 1,602 darimana didapat y kak,,

      Hapus
    5. nilai 1,602 darimana didapat y kak,,

      Hapus
    6. Kok bisa 65-67 ya ? Bukannya seharusnya 66-67?

      Hapus
    7. iya, seharusnya 66-67 kan nilai terkecil ditambah 2 dikurangi 1 :)

      Hapus
  31. mau nanya dong, itu cara nentuin interval kelasnya gimana ya?

    BalasHapus
  32. mohon bantuaannya admin:
    saya punya data sebagai berikut :
    77,50
    83,00
    73,00
    84,60
    71,65
    83,00
    64,45
    71,45
    75,50
    75,00
    59,50
    72,50
    72,00
    68,50
    67,50
    67,15
    56,50
    64,85
    61,65
    64,30
    63,30
    62,50
    63,50
    61,00
    58,85
    59,00
    59,00
    58,75
    35,50
    29,25
    bagaimana membuat data tersebut menjadi 3 kelas :
    rendah
    sedang
    tinggi

    bagaimana agar dapat menentukan batas bawah, peak point dan batas atas, sehingga setiap kelas terbentuk rentang yang overlap.
    terimakasih!

    BalasHapus
  33. Bagaimana cara menentukan panjang kelas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. formula
      1+3,322 log (n)

      note n=jumlah angka

      cth. n=50
      1+3,322 log (50)
      1+3,322 (1,6)
      =6 dibulatkan

      Hapus
  34. Yang kelas pertama ko dari 65 ya ? Bukannya dari 66 di datanya kan tidak ada 65

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Mau bertnya kak klau soalnya nilai kelas ke VI <84 bagaimna cara mendapatkan titik tengahnya😕😯

    BalasHapus
  37. Giman Caranya Mengisi Kolom Titik tengga dng interval 4

    BalasHapus
  38. gimana cara mencari nilai frekunsi relatifnya

    BalasHapus
  39. gimana cara mencari nilai frekunsi relatifnya

    BalasHapus
  40. Mohon bantuannya
    Saya punya data sebagai berikut
    119,125,126,128,132,135,135,135,
    136,138,138,140,140,142,142,144,
    144,145,145,146,146,147,147,148,
    149,150,150,152,153,154,156,157,
    158,161,163,164,165,168,173,176..bagaimana menentukan kelasnya soalnya agak binggung. Mhon di bantu
    Balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. 158161163164165168173176
      Angka bilangan mhondibantu

      Hapus
  41. Saya punya soal : 50 20 41 70 90 92 67 45 23 55 44 61 67 66 80 95 65 75 78 77 82 43 53 62 60 50 40 60 70 42 33 54 55 63 71 74 69 60 45 32 63 77 84 81 90 34 23 27 44 47 52 64 25 30 40 60 70 80 90 43 27 71 58 63 52 57 83 80 70 63 60 68 tentukan kedalam tabel distribusi frekuensi kelompok dan hitung nilai rata2 median dan modus dan hitung nilai quartil 1 desil 7 dan persentil 92 dan hitung nilai standar deviasi dan variasinya, balas y trims

    BalasHapus
  42. Permisi,
    Maaf, saya loadingnya lama ni,
    jadi nilai frekuensi itu cara cari nya gmn, koq bisa dapat 3

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Cara mencarik titik tengah, dan batas bawah

    BalasHapus
  45. Mau nanya donk,mengapa setiap soal DF banyak kelasnya tdk sesuai dengan tabel. Mohon di bls

    BalasHapus
  46. Mau nanya donk,mengapa setiap soal DF banyak kelasnya tdk sesuai dengan tabel. Mohon di bls

    BalasHapus
  47. Bukannya nilai paling kecil 66 kak, kok nilai ujung bawah 65 ?

    BalasHapus
  48. Bagaimana cara titik tengah kalau ada 4 angka misal, 16-19?

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Kurang dari sama lebih dari ga ketuker?

    BalasHapus
  51. Itu yang nilai terkecil kan 66,knp disitu 65.apa boleh diubah bgtu kalo yang lain?

    BalasHapus
  52. Kalau nilai terkecilnya 0 gimana tuh?

    BalasHapus
  53. Blog mu sama kek materi yang lagi aku pelajari diclassroom. Mungkin guru aku nyontek dari sini kali ya? Tapi gatau kenapa meski materinya sama ttp aja masih liatnya kesini,ga materi yg disana:v

    BalasHapus
  54. Malah tambah gak paham (´・_・`)

    BalasHapus
  55. Data mentah penelitian tentang usia 60 anak-anak menunjukkan sebagai berikut: 5 6 4 6 7 6 4 6 1 3 7 5 9 3 4 7 9 5 4 7 5 8 5 2 8 2 1 8 2 6 2 4 9 5 3 6 7 4 5 2 5 6 4 6 7 6 4 6 1 3 7 5 9 3 4 7 9 5 4 7 Buatlah: a. Distribusi frekuensi tunggalnya! b. Distribusi frekuensi kumulatifnya!
    tolong kerja kn minn

    BalasHapus
  56. tolong dong kerjakan
    diketahui data pts statistik mahasiswa PGSD sebanyak 40 orang adalah sebagai berikut :
    44 49 28 37 52 40 40 29 39 37
    35 34 40 33 31 36 40 31 40 34
    41 37 51 41 44 42 35 52 48 42
    31 60 53 38 31 28 32 45 49 41
    a. buatlah tabel distribusi frekuensi komulatif
    b. hitunglah modus
    c. hitunglah varian
    d. hitunglah standar deviasi
    e. hitunglah Q3

    BalasHapus
  57. Bagaimana contoh data frekiensinya klo dgn nilai 85

    BalasHapus
  58. Terimakasih. Ulasannya sangat membantu.

    BalasHapus
  59. Ulasan yang detail dan Kompleks. Izin menjadikan refrensi materi tabel distribusi frekuensi diatas pada artikel kami yang juga mengulas seputar materi Distribusi Frekuensi mas.

    BalasHapus
  60. Pak kalo cari daftar frekuensi tanpa data Gimana ya?

    BalasHapus
  61. Cara mencari c itu gimana?ga paham banget

    BalasHapus
  62. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus
  63. Tlong bantu kak🙏 btasnya bsok😭

    Diketahui nilai akhir mata kuliah statistika 40 mahasiswa, sebagai berikut
    76,80,91,63,65,80,76,75,66,89,59,84,80,67,76,88,85,72,77,77,76,83,79,79,77,68,90,64,68,72,75,77,78,84,83,84,79,81,71,80
    Dari data tersebut diminta untuk membuat
    1. Daftar distribusi frekuensi
    2. Daftar kumulatif
    3. Daftar relatif
    4. Grafik batang frekuensinya

    Hri ini aku tnggu kak🙏😭

    BalasHapus